Aceh Alami 640 Kejadian Bencana Pada 2019, Nova: Alam Mulai tak Seimbang  

Aceh Alami 640 Kejadian Bencana Pada 2019, Nova: Alam Mulai tak Seimbang  
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meninjau perlengkapan milik Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) sekaligus membuka Jambore Penanggulangan Bencana yang diikuti oleh Staf BPBD seluruh kabupaten/kota se Aceh, di Saree, Aceh Besar, Selasa 19 September 2019.
A A A

Aceh Besar, acehtoday.com - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat ada sekitar 640 kejadian bencana, mulai longsor, banjir, badai hingga gempa bumi yang terjadi di Aceh sepanjang Januari hingga Oktober tahun 2019.

Untuk mengantisipasi risiko kerugian hingga jatuhnya korban, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk memperkuat langkah penanggulangan resiko bencana sejak dini.

"Langkah penanggulangan harus kita perkuat sejak dini. Apalagi kita tahu bencana datang tidak terduga," kata Nova Iriansyah saat membuka Jambore Penanggulangan Bencana Aceh di Saree Aceh Besar, Selasa 19 November 2019.

Nova mengajak seluruh masyarakat untuk bersiap diri, meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang kebencanaan agar tahu cara menanggulangi bencana.

"Dengan demikian kita akan tahu cara mengurangi kerugian akibat bencanabencana," ujar dia.

Nova mengatakan, ada beberapa hal yang mengakibatkan terjadinya bencana, menurut Nova disebabkan meningkatnya populasi manusia yang terus aktif mengoptimalkan potensi alam.

Kondisi itu menjadikan alam tidak seimbang sehingga risiko terjadi bencana meningkat. Selanjutnya adalah manusia yang memang tinggal di kawasan rawan bencana dan cuaca yang memang membuat risiko bencana meningkat.[]

Komentar

Loading...