Air Terjun Tersembunyi Dibalik Keindahan Gunung Seulawah

Air Terjun Tersembunyi Dibalik Keindahan Gunung SeulawahRustam Faruki/acehtoday.com
A A A

Aceh Besar, acehtoday.com - Mendengar kata Seulawah barangkali pikiran Anda akan tertuju dengan pesawat milik negara Indonesia pertama. Benar, pesawat yang disumbang dananya oleh masyarakat Aceh itu adalah cikal bakal maskapai penerbangan Garuda Indonesia kini. Tapi tahukah Anda apa itu Seulawah?

Seulawah adalah nama sebuah gunung yang berdiri kokoh di Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Kecamatan ini terletak di ujung timur Aceh Besar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pidie.

Gunung Seulawah merupakan gunung berapi aktif yang memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Semua masih sangat alami. Udaranya bersih tanpa polusi.

Banyak spot-spot wisata jelajah alam yang memukau dan tersembunyi di dalam Seulawah. Gunung dengan ketinggian sekitar 1800 mdpl ini memang sudah tidak asing lagi terdengar namanya bagi komunitas pencinta alam di Aceh sendiri, maupun di Indonesia.

Keasrian gunung yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Pocut Murah Intan ini sungguh memikat hati bagi para pendaki.

Jika Anda melintas di jalan nasional Banda Aceh – Medan pun, Seulawah tampak anggun berdiri kokoh dengan hutannya yang masih lebat.

Terlebih jika Anda punya kesempatan untuk mendakinya. Di sepanjang jalur pendakian Anda disuguhi pemandangan pohon-pohon tinggi dan besar. Semilir rasa sejuk dari kabut-kabut yang keluar dari balik pohon menemani perjalanan Anda.

Begitupun kicauan merdu berbagai jenis burung yang mendiami Seulawah akan mengusir lelah kaki tatkala menapaki gunung kebanggan masyarakat Aceh itu.

Tak perlu khawatir untuk mendapatkan sumber mata air di Seulawah. Sebab di sana, sumber mata air seperti Mata Ie Bulen, Alue ie Masam, Alue ie Sueum mengalir deras.

Di sana, juga ada satu spot wisata yang belum banyak diketahui khalayak ramai. Itu adalah air terjun yang asri. Butuh sedikit fisik untuk mencapai lokasi air terjun ini. Tapi rasa lelah akan terbayar tatkala gemericik dan dingin air menyentuh tubuh.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter itu siap menyambut kedatangan Anda yang ingin menikmati kemolekan gunung Seulawah.

Namun untuk saat ini, bagi peminat petualangan gunung belum dianjurkan berwisata khusus ke air terjun yang dimaksud, dikarenakan jalur yang ektrem dan berbahaya, khususnya bagi pemula.

Mohon bersabar. Sedang diupayakan perbaikan jalur untuk lebih mudah menuju kesana. Demi keselamatan para penikmat wisata alam. Insya Allah akan dibuka untuk umum.[]

Komentar

Loading...