Apa Hasil Kenduri Kebangsaan di Bireuen?

Apa Hasil Kenduri Kebangsaan di Bireuen?Ist
T Taufiquhadi  (tiga dari kanan)
A A A

Jakarta, acehtoday.com –Kenduri Kebangsaaan telah sukses digelar di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen pada Sabtu  (22/2/2020). Nah setelah acara itu dihelat, apa saja hasilnya?

“Salah satu tujuan Kenduri kebangsaan itu adalah untuk menggugah komitmen pusat kepada Aceh. Harapan itu rasanya sudah terlaksana,” jelas T Taufiquhadi  Panitia Kenduri Kebangsaan, Senin (2/3/2020).

Taufiquhadi   menuturkan, pada acara tersebut terlihat, ada beberapa perkara yang perlu kita simak: pertama, Presiden memberi komitmen untuk pembangunan ekonomi Aceh. Itu terlihat dengan membawa serta sejumlah menteri ekonomi kabinetnya. Itu secara tidak langsung Presiden telah menunjukkan maksud hadirnya para menteri ekonomi itu. Presiden menginginkan pembangunan ekonomi yang solid ke Aceh.

“Tapi di luar sikap pusat, kita harus mempempersiapkan prakondisi di Aceh. Pra kondisi itu adalah kesiapan kita secara kultural mampu menerima kahadiran investasi. Sikap ramah kita untuk menerima investasi tersebut. Jangan kita melihat orang yg membawa investasi secara curiga,” kata mantan wartawan senior ini.

Taufiquhadi   menjelaskan pungutan-pungutan  aneh akan membuat investor tidak mau ke Aceh. Untuk memprsiapkan budaya ramah kpd investasi, harus ada edukasi masyarakat. Edukasi itu harus jadi tanggungjawab kita  bersama. Sikap ramah kepada investasi akan memberi kepastian hukum bagi pelaku usaha di Aceh.

“Kedua,  soal pendampingan dana Otsus. Presiden menyampaikan tepat sasaran. Dana Otsus itu harus  dibarengi dengan pendampingan. Jika Pemerintah Aceh menyatakan siap menerima pendampingan untuk dana Otsus, Presiden pun siap mengirim pendamping segera. Sejauh ini, saya belum mendengar jawaban langsung langsung Pemerintah Aceh. Jika Aceh setuju ada pendampingan pusat,  sekarang Presiden sudah siap mengirim langsung pendampingan  ke Aceh. Dengan demikian, dana Otsus ke depan makin tepat sasaran,”  pungkasnya.[]

Komentar

Loading...