AS  & Jepang Evakuasi Warga dari Wuhan

Indonesia mau mengevakuasi WNI, namun terkendala isolasi

AS  & Jepang Evakuasi Warga dari Wuhan
A A A

Jepang , acehtoday.com -  Jepang dan AS sewa pesawat untuk mengangkut ratusan warganya yang terisolasi di Wuhan, China. Kota tersebut kini berada di zona merah karena menjadi daerah pertama penyebaran virus corona.

Mengutip ABC News, Rabu (29/1/2020), pesawat sewaan yang mengangkut konsulat dan warga negara AS telah meninggalkan Wuhan. Setibanya di AS, para penumpang akan menjalani pemeriksaan medis untuk dikarantina.

Pesawat mengangkut 206 warga Jepang sudah mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, pukul 08.45 waktu setempat. Petugas bandara yang mengenakan masker wajah langsung memeriksa dan membongkar barang bawaan penumpang di pesawat.

Di Wuhan, terdapat 93 warga Indonesia yang masih terjebak dan meminta dievakuasi. Warga yang sebagian besar merupakan mahasiswa Indonesia itu takut keluarga mereka khawatir karena tak bisa pulang dari Wuhan.

Muncul berbagai desakan agar WNI di Kota Wuhan dievakuasi. Menlu Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia sebenarnya membuka opsi mengevakuasi WNI, namun terkendala kondisi isolasi yang diterapkan China.

"Pertanyaan berikutnya adalah opsi evakuasi. Opsi tersebut kita sudah bikin semua rencananya, sekali lagi kita terus berkoordinasi dengan otoritas Tiongkok. Kondisi lock down itu yang memerlukan perhatian kita semua," kata Retno usai Rakor di Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020) dikutip dari kumparan.

Hingga kini, angka kematian akibat virus corona mencapai 132 jiwa. Hampir 6.000 orang di berbagai negara terinfeksi virus yang menyerang sistem imun dan saluran pernapasan tersebut.[]

#janganmudik

Komentar

Loading...