BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim Operasional Bagi Petani di Gayo Lues

BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim Operasional Bagi Petani di Gayo LuesAlfath Asmuda/acehtoday.com
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Iklim Operasional terhadap petani di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Selasa (23/3/2021).

Sekolah Lapang Iklim Operasional ini bertujuan untuk membantu petani meningkatkan wawasan dalam membaca fenomena alam terkait pertanian, sehingga bisa meminimalkan potensi kerugian.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi mengatakan selama ini petani Aceh kerap mengalami gagal panen karena gangguan iklim. Sampai-sampai seluruh bibit yang ditanam mati dan harus diganti dengan yang baru.

"Akibatnya, petani bukan hanya rugi tenaga, tapi juga rugi waktu dan finansial. Dari kondisi ini dapat kita pahami bahwa dunia pertanian berhubungan erat dengan cuaca. Karena itu mutlak bagi petani untuk mengetahui fenomena cuaca ini," katanya.

Mawardi menuturkan, pembukaan Sekolah Lapang Iklim Operasional BMKG di Kabupaten Gayo Lues merupakan langkah yang sangat tepat, mengingat Gayo Lues merupakan salah satu kawasan lumbung pertanian di Aceh.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi menyebutkan fenomena perubahan iklim memang tidak bisa dikendalikan. Namun kecakapan dalam membaca fenomena ini sangat penting karena menjadi landasan untuk melakukan aktivitas pertanian.[]

Komentar

Loading...