Hasil kegiatan Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Tahun 2019, Disperindag Aceh

Hasil kegiatan Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Tahun 2019, Disperindag Aceh
A A A

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga

Hasil Kegiatan Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Tahun 2019

 

PEMERINTAH ACEH melalui kebijakan-kebijakanya, berkewajiban untuk terus menerus menyatakan keberpihaknya dalam perlindungan terhadap konsumen dari produk yang berkwalitas, aman dan halal di konsumsi.

Selain itu konsumen juga  harus mendapatkan informasi secara utuh sebelum memutuskan untuk memilih barang dan/atau jasa yang diperlukan.

Beberapa hal mendasar terkait informasi standar, lebel dalam Bahasa Indonesia, Petunjuk pengunaan, jaminan layanan purna jual, cara menjual, pengiklanan dan klausula baku. Selain itu konsumen mempunyai hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.

Sistem standarisasi menjadi penting dalam mendukung sistem keamanan produk dimulai dari perumusan standar, pemeliharaan standar, penerapan standar dan pengawasan produk yang beredar dipasar.


Pemerintah telah mengeluarkan peraturan dan regulasi terkait dengan ketentuan informasi label standar. Pengawasan dilapangan terus menerus dilaksanakan dengan baik terhadap produsen/pelaku usaha.

Selain itu, pelaku usaha juga diminta untuk lebih meningkatkan koordinasi dengan para stakeholder terkait pengawasan barang beredar.  Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh telah melakukan pengawasan barang beradar dan jasa.


 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 69 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Barang Beredar dan atau Jasa. Dan berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 73/M-Dag/PER/2015 tentang pencantuman Lebel Dalam Bahasa Indonesia.

Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, pada tahun 2019 telah melakukan kegiatan Pengawasan Barang Beredar dan Jasa di Kabupaten/Kota oleh petugas pengawasan barang beredar dan jasa terhadap beberapa produk barang.

 

Berikut adalah hasil kegiatan pengawasan barang beredar dan jasa pada tahun 2019 :

 No   Nama Produk  Hasil Pengawasan  Rekomendasi
 1   Produk ban sepeda motor, Ban dalam kendaraan bermotor (sepeda motor) dan helm kendaraan bermotor roda dua. Secara kasat mata masih ditemukan pelangaran terkait lebel standar SNI. Lokasi Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota agar mengeluarkan teguran secara tertulis kepada pelaku uisaha yang menjual barang/produk tidak sesuai dengan ketentuan. 
 2 Produk lemari pendingin dan produk mesin cuci Secara kasat mata masuh ditemukan pelangaran terkait Lebel dan Standar SNI. Lokasi Pidi Jaya dan Bireun Pembinaan dan Sosialisasi kepada konsumen dan pelaku usaha mengenai produk-produk berstandar SNI dan ketentuan label perlu dilakukan secara intensif dalam rangka memberikan perlindungan kepada konsumen.  
 3 Produk MCB, Saklar, Tusuk Kontak dan Kotak Kontak Hasil pengawasan di Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Selatan untuk Produk MCB, merek New Pallas c 6, Sunfree, Schneider, SZMR dan Dakson tidak tercantum NRP/NPB pada barang dan kemasan, untu produk MCB merek Hannoxhc kelengkapan lebel dan SNI tertera di kemasan maupun Barang.  Hasil pengawasan Produk Kotak Kontak Merek Meiko dan Murator tidak mencantumkan tanda SNI dan NRP/NPB pada barang maupun kemasan. Lokasi Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan Diperlukan koordinasi engan instansi terkauit untyk pengawasan dan perlindungan terhadap barang ya g beredar di masyrakat yang belum memenuhi standar dan ketentuan. 
 4 Produk Kompor Gas 2 tungku, Selang Karet Kompor Gas LPG dan Regulator Tekanan Rendah Tabung Baja LPG Hasil pengawasan pada umumnya produk telah dilengkapi dengan ketentuyan yang telah dipersyaratkan seperti pencantuman tanda SNI, NPB/NRP, Lebel dalam Bahasa Indonesia, Manual Kartu Garansi layanan Purna Jual dan Service Center di minimal 6 kota diseluruh Indonesia. Lokasi Gayo Lues dan Aceh Tenggara Pengawasan berkala  perlu dilakukan secara intensif dengan berkoordinasi dengan Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota. 
 5 Produk Pengatur suhu ruangan, (AC) dan Pompa Air  Hasil pengawasan, banyak ditemukan/beredar  adalah barang-barang yang sudah memiliki brand secara nasional, dan pada umumnya produk telah dilengkapi dengan ketentuyan yang telah dipersyaratkan seperti pencantuman tanda SNI, NPB/NRP, Lebel dalam Bahasa Indonesia, Manual Kartu Garansi layanan Purna Jual dan Service Center di minimal 6 kota diseluruh Indonesia. Lokasi Kota langsa dan Aceh Timur Pembiaan dan Sosialisasi kepada konsumen dan pelaku usaha mengenai produk-produk berstandar SNI dan ketentuan label perlu dilakukan secara intensif dalam rangka memberikan perlindungan kepada konsumen. 
 6 Produk Melamin perlengkapan Makan dan Minum Hasil pengawasan pada umumnya produk telah dilengkapi dengan ketentuyan yang telah dipersyaratkan seperti pencantuman tanda SNI, NPB/NRP, Lebel dalam Bahasa Indonesia. Lokasi Kabupaten Pidie Pengawasan berkala  perlu dilakukan secara intensif dengan berkoordinasi dengan Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota.
 7 Produk Penghisap Debu (Vacuum Cleaner) dan Tungku Pemanggang (Oven Toaster) Hasil pengawasan pada umumnya produk telah dilengkapi dengan ketentuyan yang telah dipersyaratkan seperti pencantuman tanda SNI, NPB/NRP, Lebel dalam Bahasa Indonesia. Lokasi Lhokseumawe dan Aceh Utara Pengawasan berkala  perlu dilakukan secara intensif dengan berkoordinasi dengan Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota.
 8 Produk Mainan Anak dan Sepeda Roda Dua  Dari hasil pengawasan yang dilakukan terhadap 42 merek mainan anak ditemukan banyak sekali mainan anak yang terbuat dari plastic masih terdapat sudut lancip dan sisi yang tajam sisa molding dalam pembuatan mainan. Hal ini di khawatirkan akan dapat melukai anak. Terhadap alat permainan akan telah dilakukan pembelian sampel untuk dilakukan pengujian di Laboratorium.  Beberapa produk mainan anak yang terebuat dari plastik katagori mainan berbie bentuknya ringkih. Beberapa produk mainan anak yang beredar juga tidak memenuhi standar, ketentuan lebel yang disyaratkan. Lokasi Aceh Barat dan Nagan Raya. Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota agar mengeluarkan teguran secara tertulis kepada pelaku usaha yang menjual barang/produk tidak sesuai dengan ketentuan.
Hotline Covid-19

Komentar

Loading...