Disdik Aceh Siap Laksanakan UN yang Terakhir

Disdik Aceh Siap Laksanakan UN yang Terakhir
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com - Berbagai persiapan terus dilakukan Dinas Pendidikan Aceh guna melaksanakan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk terakhir kalinya setelah menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa ujian nasional 2020 akan menjadi pelaksanaan ujian kelulusan yang terakhir digelar secara nasional.

Sebelumnya, Nadiem Makarim telah memastikan UN 2020 akan digelar dengan mekanisme lama seperti yang selama ini dilakukan.

"Pada 2020 UN akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya. Tapi, itu adalah UN terakhir (untuk metode) yang seperti sekarang dilaksanakan," ujar Nadiem saat memaparkan program "Merdeka Belajar" di depan kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Nadiem memastikan kepada orangtua yang telah mempersiapkan anaknya bahwa UN tahun depan akan tetap berjalan seperti biasanya.

"Silakan ya untuk bapak, ibu yang sudah investasi banyak buat anak-anaknya agar belajar untuk dapat angka terbaik di UN, " kata mantan CEO Gojek ini.

Mulai 2021, kata Nadiem, UN akan diganti dengan sistem baru. "Diganti menjadi asesmen atau penilaian kompetensi minimum dan survei karakter. Nanti akan saya jelaskan, " tuturnya.

Terkait hal itu, Dinas Pendidikan Aceh sejak pagi tadi Senin 17 Februari 2020, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Ujian Nasional Provinsi Aceh Tahun 2020, di Oproom Dinas Pendidikan setempat terkait persiapan ujian nasional untuk yang terkahir kalinya.

Asisten I Setda Aceh, Dr M Jafar SH MHum, meminta Dinas Pendidikan Aceh selaku SKPA yang bertanggungjawab melaksanakan Ujian Nasional (UN) untuk benar-benar terlaksananya UN dengan sukses di seluruh satuan pendidikan di Aceh.

"Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) harus mengutamakan kejujuran demi melahirkan generasi yang berbudi luhur. Kita juga berharap agar dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala apapun, termasuk terjaminnya suplai listrik maupun koneksi jaringan," ujarnya berharap. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Nara Setia, SE, Ak, M.Si yang sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, mengatakan Rapat Koordinasi tersebut untuk mengkoordinasikan terkait kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 ini yang akan berlangsung sejak 16 Maret 2020 nanti.

"Nah, disini kita ingin mengkoordinasikan dan menyampaikan informasi-informasi apa saja yang diperlukan tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sehingga, pelaksanaan UN sukses pelaksanaannya dan sukses pula hasil yang diperoleh generasi kita," ujar Teuku Nara Setia.

Menurutnya, sukses pelaksanaan yaitu terlaksananya Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan baik dan kredibilitasnya meningkat. Begitu juga dengan sukses hasil, perolehan nilai peserta didik harus mencapai standar yang diharapkan.

"Suksesnya Ujian Nasional di Aceh tahun ini sangat tergantung kepada kita semua. Oleh karena itu, mari kita secara bersama-sama memberikan kontribusi demi terlaksananya Ujian Nasional  yang sukses dan berkualitas," katanya mengajak.

Ia juga menjelaskan, Ujian Nasional (UN) merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antara daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilain Pendidikan Depdiknas berdasarkan undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003.

Dinas Pendidikan Pemerintah Aceh, sambungnya, secara berkesinambungan akan terus untuk bangkit menunjukkan prestasi. Ia bertekad bahwa Dinas Pendidikan Aceh untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan. []

#janganmudik

Komentar

Loading...