Ditengah Pandemi Covid-19, Anggota DPRK Asel Beramai - Ramai ke Luar Daerah

Ditengah Pandemi Covid-19, Anggota DPRK Asel Beramai - Ramai ke Luar Daerah
A A A

Tapaktuan, acehtoday.com - Koordinator LSM LIBAS Mayfendri SE menyesalkan, ditengah pandemi Covid-19, Anggota DPRK Aceh Selatan beramai - ramai ke luar daerah. Ia menduga melancongnya 30 anggota dewan keluar daerah tersebut hanya untuk target SPPD.

"Seharusnya, anggota dewan memberi contoh yang baik disaat Pemkab Aceh Selatan sedang berhemat anggaran," kata Mayfendri kepada wartawan di Tapaktuan, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, kegiatan yang diikuti Anggota DPRK Aceh Selatan di luar daerah itu tidak jelas hasilnya dan hanya seremonial semata. Mengingat banyaknya kegiatan keluar daerah tidak berdampak positif bagi pembangunan daerah.

"Semestinya mereka paham karena uang yang mereka gunakan ke luar daerah adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Begitu juga, sambungnya, ditengah pandemi Covid-19 ini, Pemkab Aceh Selatan telah melakukan refocusing anggaran. Tetapi DPRK Aceh Selatan malah memplotkan anggaran bimbingan teknis (Bimtek) ke luar daerah.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat serba sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari. Namun, anggota dewan yang katanya wakil rakyat malah melancong ke luar daerah," pungkasnya.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon selular, Sekwan DPRK Aceh Selatan, H Halimuddin SH MH membantah kegiatan Bimtek yang diikuti anggota dewan tidak positif.

"Ini adalah amanah PP dilaksanakan 6 kali setahun. Ini sudah dikurangi karena direforcusing," jelasnya.

Menurut dia, kegiatan Bimtek yang diikuti anggota DPRK Aceh Selatan itu sangat penting terkait optimalisasi keuangan daerah oleh DPRK.

"Kenapa diikuti oleh seluruh anggota dewan, karena di daerah lagi tidak ada kegiatan. Apalagi LPJ Pelaksanaan APBK tahun 2019 sudah selesai dilaksanakan," ujarnya, seraya menambahkan, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan di Banda Aceh.[]

Komentar

Loading...