dr. Hanif : Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker

dr. Hanif : Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Seorang pekerja menggunakan masker melintas di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (3/3).
A A A

Hati-hati, Orang Sehat Pakai Masker Justru Gampang Kena Virus Corona!

Banda Aceh, acehtoday.com - Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, mengimbau masyarakat tidak perlu memakai masker untuk mengantisipasi penularan virus corona yang mulai merebak di Indonesia. Menurutnya, jika kondisi daya tahan tubuh dalam keadaan sehat dan kuat, maka tidak akan terinfeksi virus.

"Yang terpenting adalah kita harus hidup bersih dan memperbanyak makan buah, sayur dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh," kata Hanif usai rapat pembahasan penanganan virus corona, di Ruang Rapat Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, Jum'at, (6/3).

Hanif mengatakan, masker lebih diutamakan untuk dipakai oleh mereka yang sedang sakit, seperti flu, pilek dan demam. "Kemudian, petugas kesehatan, itu harus pakai masker, supaya mereka dalam memberikan pelayanan pada masyarakat tidak tertular dari pasien,"

"Masyarakat tidak perlu menimbun masker, membeli masker banyak banyak, tapi bila ingin memakai masker juga tidak dilarang, silahkan," kata Hanif.

Sesuai arahan Plt Gubernur, kata Hanif, masyarakat tidak perlu panik dan terlalu ketakutan. Ia meminta masyarakat untuk memperbanyak doa agar Allah menjauhkan penyakit tersebut kepada masyarakat Aceh.

Kemudian, Kadis Kesehatan Aceh itu, juga mengimbau agar masyarakat Aceh tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk saat ini. Sebab, penyebaran covid 19 di sejumlah negara sedang berkembang. 

"Kita berupaya jangan ada masyarakat kita tertular di luar ( di luar negeri), ditakutkan jika pulang akan tertular di daerah kita," kata Hanif.

Caption

Hati-hati, Orang Sehat Pakai Masker Justru Gampang Kena Virus Corona!

Praktisi medis memperingatkan jangan membeli apalagi menimbun masker bedah dan respirator (seperti masker N95) lantaran panik menghadapi wabah virus Corona Covid-19 yang masuk ke Indonesia. Kenapa?

Menurut wawancara Forbes dengan seorang spesialis pencegahan infeksi, pemakaian masker tidak diperlukan jika seseorang tidak sakit. Justru memakai masker saat sedang kondisi sehat akan meningkatkan risiko infeksi virus corona Covid-19.

"Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum memakai masker dan setelah melepas masker, Anda bisa meningkatkan risiko," kata profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Lowa, Dr Eli Perencevich seperti dilansir dari Asiaone.

Dia menyatakan, hanya orang sakit yang perlu memakai masker untuk mencegah virus agar tidak ditularkan kepada orang lain.

Dr Perencevich juga menambahkan bahwa masker bedah tidak mencegah penyebaran virus, tidak seperti respirator bedah seperti masker N95. Tetapi seperti yang disebutkan oleh para profesional medis lainnya, masker N95 juga tidak direkomendasikan.[]

Komentar

Loading...