Farhan: lockdown Aceh Agar Aman dari Corona

Farhan: lockdown Aceh Agar Aman dari CoronaInternet
Ahmad Farhan Hamid
A A A


Jakarta, acehtoday.com - Tokoh Aceh Ahmad Farhan Hamid meminta Aceh untuk di-lockdown agar lebih aman dari corona. Menurutnya, kunci mengetahui ada tidaknya kasus corona adalah kecepatan dan keakuratan tes ada tidaknya kasus. Kebenaran data kasus adalah kunci keberhasilan penanganan kasus dan upaya pelacakan penyebaran nya.

“Setahu saya, Aceh belum punya peralatan dan kemampuan melakukan tes terhadap infeksi Covid -19,” jelas Farhan, Senin (16/3/2020).

Wakil Ketua MPR RI dari unsur DPD periode 2009-2014 mengingatkan sebelumnya pernyataan Menhan Manfud MD dan Menkes Terawan yang menafikan adanya kasus corona di Indonesia pada paruh pertama Februari 2020 berpunca pada ketidakmampuan deteksi secara cepat dan tepat terhadap wabah ini. Kini pemerintah pusat terkesan galau dan panik. Teguran WHO dan kritik dari beberapa negara sahabat melahirkan kebijakan yang tidak konsisten.

“Kini Presiden Jokowi sudah meminta kepala daerah mengambil langkah terbaik untuk daerahnya. Semula semuanya dikendalikan oleh pemerintah pusat,” ajak Ketua Umum Ikatan Sarjana Farmasi (1998)

Mantan anggota DPD asal Aceh ini menuturkan China dan Italia memilih lockdown. Korea Selatan tidak memilih lockdown. China memperlihatkan keberhasilan, didukung total oleh teknologi, kepemimpinan yang otoriter, dan pengorbanan tenaga medis luar biasa. Italia dalam perkembangan. Korea Selatan terlihat akan berhasil karena kemampuan teknologi untuk tes dan deteksi. Juga tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi.

“Covid-19 masalah bersama. Mari bergandengan tangan, tegak bersama, kita lawan dan atasi bersama sesuai kemampuan kita.,” pinta Ketua Umum Ikatan Farmakologi NAD (1997).

Hingga Senin (16/3/2020) di Aceh belum ditemukan pasien positif corona. Sementara pasien yang negatif corona terungkap setelah dirawat di RS.

Komentar

Loading...