Rba3

ICGR  Apresiasi Nelayan Aceh Selamatkan Pengungsi Rohingya 

ICGR  Apresiasi Nelayan Aceh Selamatkan Pengungsi Rohingya liputan6.com
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com – Kebijakan Panglima Laot Aceh Utara dan nelayan  menyelamatkan 94  pengungsi Rohingya  yang terdampar di lepas pantai Seunuddon, Aceh Utara, dan  dievakuasi ke darat pada Kamis (25/6/2020) patut diapresiasi.

“Membanjir pengungsi Rohingya ke negara tetangga memberikan pesan  kepada pemimpin  Asean mengenai perlunya untuk menekan Myanmar agar mengakui hak kewarganegaraan dan hak-hak asasi etnis Rohingya di Myanmar,” ungkap M Adli Abdullah, PhD general secretary International Concern Group for Rohingya (ICGR),  Sabtu (27/6/2020) di Banda Aceh.

Adli  menyatakan ASEAN  perlu mengangkat kembali isu Rohingya  dalam pertemuan pemimpin  ASEAN ke-36 hari ini yang dilakukan dengan teleconference agar tidak hanya  membicarakan tentang kerjasama regional mengatasi Covid-19 tetapi juga isu Rohingya diagendakan karena permasalahan pembersihan etnis (ethnic cleansing) oleh Nyanmar sudah sangat mengganggu stabilitas keamanan regional Asian dan negara tetangga lainnya.

“Saya melihat  ASEAN tidak melakukan tindakan yang secukupnya untuk menekan Myanmar   yang juga anggota ASEAN untuk menghentikan tindakan biadab mareka,” pintanya.

Terdapat banyak sudah pertemuan dan persidangan yang membincangkan isu Rohingya tetapi tiada jalan penyelesaian yang konkrit bagi menyelesaikan isu ini sehingga pengungsi terus membanjiri negara tetangga.

Komentar

Loading...