Jalur Baru Penuh Adrenalin Mendaki Gunung Seulawah, Penasaran?

Jalur Baru Penuh Adrenalin Mendaki Gunung Seulawah, Penasaran?Rustam Faruki/acehtoday.com
A A A

Bonus keindahan alam lain yang bisa didapat saat mendaki Seulawah dari jalur Gampong Lamtamot, para pendaki bisa menikmati suasana kerlap kerlip cahaya kunang-kunang. Nah, sensasi ini bisa diperoleh di malam hari.

Aceh Besar, acehtoday.com - Hampir semua pendaki gunung Seulawah, selama ini kerap melakukan pendakian melalui jalur pemukiman penduduk di Gampong Saree, Aceh Besar.

Umumnya, jarak tempuh dari pos pertama yang akrap dikenal pendaki dengan Pintu Rimba, memerlukan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke puncak.

Di jalur ini, pendaki akan melewati pepohonan rindang dan besar. Kontur tanahnya sedikit basah dan berlumut. Lepas dari pos Pintu Rimba, Anda akan tiba di pos Pintu Angin. Ini adalah wilayah dengan kemiringan 70 derajat.

Di ujung pos tersebut, Anda akan masuk ke wilayah Batu Gajah. Di sebut Batu Gajah karena sebuah pohon besar melingkup di sana dan menyerupai gajah. Disekujur pohon tersebut dibaluti lumut basah. Dari sini puncak Seulawah hanya butuh beberapa helaan napas lagi untuk menggapainnya.

Namun, ada jalur lain menuju Seulawah yang belum banyak diketahui pendaki. Anda penasaran bukan?

Jalur baru ini terletak di Gampong Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah. Jalur ini pertama sekali dibuka oleh pemuda gampong setempat. Mereka bekerja sama dengan travel Youth Holliday di pertengahan tahun 2020 menyusuri gunung Seulawah lewat jalur itu.

Siapapun yang punya adrenalin tinggi wajib mencoba jalur pendakian baru tersebut. Anda akan memperoleh sensasi berbeda saat menuju puncak Seulawah.

Padang savana luas di atas ketinggian akan menyambut kedatangan Anda. Jalur ini pun sangat memanjakan mata karena dari atas ketinggian ibu kota Aceh besar dan Kota Banda Aceh terlihat jelas.

Melalui jalur ini pula, para pendaki masih bisa menemui jejak harimau Sumatera. Pun kalau beruntung, Anda akan mendapati pemandangan binatang rusa dan kijang tengah mandi dikubangan mereka.

Di sepanjang jalur pendakian terdapat banyak pohon madu liar. Namun jangan sembarangan untuk mengambilnya, karena nanti akan berurusan dengan ribuan lebah yang jadi penghuni di sana.

Bonus keindahan alam lain yang bisa didapat saat mendaki Seulawah dari jalur Gampong Lamtamot, para pendaki bisa menikmati suasana kerlap kerlip cahaya kunang-kunang. Nah, sensasi ini bisa diperoleh di malam hari.

Ketimbang jalur mainstrem lewat pemukiman penduduk Gampong Saree, jalur menuju puncak Seulawah dari Gampong Lamtamot ini memang butuh waktu sedikit lama. Jalurnya panjang dan membutuhkan waktu hampir 8 jam pendakian.

Tapi apalah artinya waktu jika Anda adalah penantang adrenalin dan menyimpang penasaran ingin menembus Seulawah melalui jalur Lamtamot.[]

Penulis: Rustam  Faruki

Komentar

Loading...