Kasus Positif Covid 19 Kian Bertambah, Masyarakat Pertanyakan Kinerja Plt. Kepala Dinkes Aceh Selatan

Kasus Positif Covid 19 Kian Bertambah, Masyarakat Pertanyakan Kinerja Plt. Kepala Dinkes Aceh Selatan
A A A

Tapaktuan, acehtoday.com - Terkait terus bertambahnya kasus positif Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan. Warga Aceh Selatan di luar daerah mempertanyakan kinerja Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan.

Sebagaimana press relis diterima awak media di Tapaktuan, Kamis (6/8/2020) dari Aris Munandar, warga Aceh Selatan di Banda Aceh, menilai sikap Plt. Kepala Dinkes Aceh Selatan tidak tegas dalam melakukan upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pasalnya, 4 orang warga Aceh Selatan yang saat ini positif Covid 19 sempat melakukan perjalanan ke Banda Aceh hanya untuk melakukan pengambilan Swab padahal sudah jelas warga tersebut memiliki kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif di Aceh Selatan,” sebutnya.

Semestinya, lanjut Aris Munandar yang juga peneliti Bidang Kesehatan itu, Dinas Kesehatan dapat mengambil sikap atau memberikan masukan kepada Bupati terkait langkah yang harus ditempuh sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Karena jika tidak demikian dikhawatirkan akan dapat memperluas cakupan potensi penyebaran Covid 19 dari Aceh Selatan, apalagi lintasan perjalanan 4 warga Aceh Selatan tersebut mencakup beberapa Kabupaten yaitu Kab. Aceh Selatan, Kab. Aceh Barat Daya, Kab. Nagan Raya, Kab. Aceh Barat, Kab. Aceh Jaya dan Banda Aceh.

“Kita juga sangat menyayangkan sikap Plt. Kadis Kesehatan Aceh Selatan yang juga menarik perhatian publik pada saat kegiatan Dekranasda Aceh Selatan 24 Juli lalu,” ungkapnya.

Dimana, sambungnya, saat itu Plt. Kadis Kesehatan tidak menunjukkan sikap sebagai seorang Pejabat nomor satu di Dinas Kesehatan yang notabene seharusnya memberikan contoh dalam penerapan protokol kesehatan.

“Namun pada kegiatan tersebut justru tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak, sungguh sangat disayangkan ditengah pandemi Covid 19 ini lagi-lagi masyarakat Aceh Selatan dibuat bingung dengan paradoksnya aturan dan contoh yang ditunjukkan oleh pihak terkait,” paparnya.

Pada bagian lain, pihaknya berharap agar Bupati Aceh Selatan melakukan evaluasi terkait kinerja Plt. Kadis Aceh Selatan agar upaya pencegahan dan penanganan Covid 19 dapat berjalan secara maksimal.

Apalagi jabatan Kadis Kesehatan Aceh Selatan juga dinilai terlalu lama di Plt kan, sehingga perlu segera dilakukan pembenahan oleh Bupati, agar target capaian Aceh Selatan hebat dapat tercapai.

Belum lagi, bebernya, pihaknya juga mendengar bahwa Plt. Kadis Kesehatan dinilai kurang memahami pentingnya sinergitas dalam koordinasi antar instansi untuk penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Sebab masalah Covid-19 merupakan masalah bersama yang harus ditangani sehingga tidak perlu mengedepankan ego sektoral, untuk itu mari bersama sama kita mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” tutupnya.

Komentar

Loading...