Kemendikbud Cairkan Dana BOS, Kadisdik Aceh Minta Sekolah Transparan

Kemendikbud Cairkan Dana BOS, Kadisdik Aceh Minta Sekolah Transparan
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Rachmat Fitri HD, MPA
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com - Kemendikbud RI telah menyalurkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap I tahun anggaran 2020 untuk Aceh setelah tertunda beberapa saat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Rachmat Fitri HD, MPA di Banda Aceh pada Rabu 22 April 2020 sesaat setelah mendapat laporan dari Bank Aceh sebagai Bank penyalur dan para kepala Sekolah SMA, PKLK dan SMK. .

Kadisdik Aceh mengharapkan pihak sekolah dapat menggunakan dana tersebut secara efektif, efisien dan transparan dengan mempublikasikan di internal sekolah. .

Dia meminta agar Dana BOS tahun 2020 dapat direfocusing dengan menyesuaikan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk memastikan proses belajar siswa/siswi dapat berjalan dengan optimal.
.
Kemendikbud RI telah melakukan kebijakan relaksasi penggunaan Dana BOS tahun 2020 agar bisa disesuaikan dengan situasi penanganan kedaruratan Covid-19 yang sedang kita hadapi.

Hal tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 dan Nomor 20 Tahun 2020. .

Regulasi tersebut mengatur keluwesan dalam pembayaran guru honorer dan diperbolehkan untuk pembelian pulsa, paket data, dan/atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan/atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah.

Selain itu dapat juga digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker atau penunjang kebersihan lainnya.[]

Komentar

Loading...