Rba3

Komunitas ADO "Awak Droe Only" Protes Kebijakan PMI Kirim Darah ke Luar Aceh

Komunitas ADO "Awak Droe Only" Protes Kebijakan PMI Kirim Darah ke Luar Aceh
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com - Kebijakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengirim stock darah ke Tangerang mendapat sorotan dari berbagai kalangan, tak terkecuali komunitas kemanusiaan donor darah ADONORDAY. Personil Adonorday Khairil Arista mengaku kecewa terhadap kebijakan tersebut.

“Selama ini kami sudah menjalin kerja sama yang baik dengan PMI Banda Aceh, donor darah adalah agenda rutin Adonorday, kami merasa kecewa ketika kebutuhan darah di Aceh tak pernah tercukupi, PMI malah mengirim darah ke luar Aceh,” ujar di Banda Aceh, Kamis, 12 Juni 2022.

Khairil juga menyayangkan peryataan ketua PMI Kota Banda Aceh, Dedi Sumardi yang mengaku pengiriman darah ke Tangerang akibat stock darah di PMI sudah belebihan. Menurut Khairil, jika stock berlebih tidak mungkin keluarga pasien kerap mengemis darah.

Pendonor rutin Adonorday yang namanya tidak mau ditulis mengaku terkejut membaca pernyataan ketua PMI Banda Aceh yang tersebar di berbagai media. “Ini pernyataan tidak masuk akal, untuk kebutuhan penderita thalasemeia saja kita tidak cukup bagaimana bisa lebih? Saya sangat tidak mengerti,” katanya.
Untuk diketahui, Adonorday adalah komunitas kemanusiaan donor darah yang rutin menggelar donor secara massal dengan berpindah-pindah tempat, juga kerap memanfaatkan momentum peringatan hari-hari penting untuk menggelar donor darah. Seperti hari sumpah pemuda, hari korpri dan berbagai hari besar lainya. []

Komentar

Loading...