Libatkan 250 UMKM, Pemko Banda Aceh Anggarkan 1 Miliar untuk Jahit Masker

Pasar Murah Online di Buka Kembali untuk 3000 KuponĀ 

Libatkan 250 UMKM, Pemko Banda Aceh Anggarkan 1 Miliar untuk Jahit Masker
M. Nurdin, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com --  Mewakili Wali Kota Banda Aceh, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Banda Aceh, M. Nurdin menerima 10 ribu masker yang dibagikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati dalam acara Launching penyaluran satu juta masker untuk keluarga kurang mampu di Aceh yang dilaksanakan di Dinas Koperasi dan UKM Aceh pada Minggu 19 April 2020.

Selain itu, Nurdin juga mengaku Pemerintah Kota Banda Aceh juga telah mencanangkan program pemberdayaan UMKM untuk menjahit masker.

“Untuk Banda Aceh kami juga melakukan pemberdayaan UMKM untuk menjahit masker. Dan sampai saat ini sedang terus berproses, jadi Alhamdulilah saat ada pandemic Covid-19 ini pelaku UMKM mendapat ruang untuk tetap bisa berusaha,” katanya

Nurdin mengaku, telah melibatkan 250 UMKM dengan total anggaran yang digunakan untuk program menjahit masker di Kota Banda Aceh tersebut mencapai 1 Miliar.

“Ada sekitar 250 UMKM yang kami libatkan untuk menjahit masker, dengan kualitas dan standar yang di rekomendasikan oleh IDI, dengan harga yang cukup lumayan untuk bisa membantu UMKM, kita tetapkan Rp 12.000, dengan keseluruhan angaran mencapai 1 M.” tegasnya.

Menurutnya, UMKM sangat antusias untuk dilibatkan dalam program tersebut .

“Antusias sekali UMKM kita ini, dan kami mendaftarkan secara online,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga memberi harga yang cukup tinggi untuk 1 masker di hargai Rp 12.000.

“Kita hitung, kemudian kita beri nilai lebih kepada UMKM, karena kita sadari pelaku UMKM mengalami dampak yang sangat besar dari wabah Covid-19 ini.  Jadi fokus kita untuk pemberdayaan UMKM. Kita tidak memainkan harga di sini, karna harga yang diberikan untuk menjahit masker itu langsung masuk ke UMKM, jadi pembayaran langsung ke rekening UMKM,” tegas Nurdin.

 Pasar Murah Online di Buka Kembali untuk 3000 Kupon 

Dalam kesempatan itu, Nurdin mengaku pihaknya juga sudah kembali menyiapkan pasar murah online untuk 3000 kupon tambahan. Sebelumnya 4000 kupon sudah habis.

“Dan pada senin besok, Pak Wali Kota akan membuka kembali pendaftaran secara online sembako murah sebanyak 3000 kupon lagi. Sebelumnya sudah kita daftarkan sebanyak 4000 kupon, dengan nilai subsidi satu kupon, Rp 50.000 dengan tiga item barang yaitu, gula, minyak goreng dan telur,” katanya.

Untuk pasar murah online yang akan di buka pada Senin 20 April 2020, item barangnya bertambah menjadi 4 yaitu,  beras 5 kg, gula 2 kg,  minyak 1 kg, telor 1 papan dengan harga Rp 150.000 dengan subsidi Rp 50.000.  “Jadi 4 item itu harganya 150.000, tapi pembeli cukup dibayar Rp 100.000,” tutup Nurdin.[]

Komentar

Loading...