Rba3

Menikmati Sunset dan Suasana Malam di Pantai Ulee Lheue

Menikmati Sunset dan Suasana Malam di Pantai Ulee LheueFaisal Amin/acehtoday.com
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com - Bicara sunset di Indonesia, biasanya yang pertama kali muncul di bayangan orang adalah pantai Kuta, Bali.

Padahal ada banyak sekali pantai di Indonesia yang menawarkan pemandangan sunset yang tak kalah indahnya dan dengan panorama yang berbeda.

Salah satunya adalah di wilayah ujung paling barat Indonesia, Aceh. Tepatnya di pantai Ulee Lheue, yang namanya menasional karena ada dalam salah lirik salah satu lagu Betawi.

Berbeda dengan di Kuta, di mana sunset dinikmati langsung di atas pasir pantai dengan pemandangan para surfer dan bule-bule berbikini.

Pemandangan sunset di Ulee Lheue adalah khas daerah syariah. Jadi, tak ada rasa risih bagi wisatawan muslim yang datang bersama keluarga, anak, cucu dan menantu untuk menikmati keindahan perpindahan suasana dari siang ke malam ini.

Sunset di Ulee Lheue dapat dinikmati sambil nongkrong minum sajian kopi berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh para pedagang dengan mobil kopi yang berjejer di sepanjang jalan lurus yang menghubungkan kampung Ulee Lheue ke pelabuhan Ferry yang melayani rute Banda Aceh - Sabang.

Para pemilik mobil ini menempatkan meja dan kursi portable di dua sisi jalan ini. Sehingga suasana sunset di Ulee Lheue ini serasa seperti sunset di pantai-pantai di negara eropa yang ada di laut Mediterania.

Nuansa romantis, seperti di film Before Midnight yang mengambil setting Yunani, sequel terakhir dari trilogi Before Sunrise dan Before Sunset, tersaji di tempat ini.

Suasana ini berlanjut sampai malam, dengan suara musik yang bersahut-sahutan dari speaker yang dipasang oleh masing-masing pemilik mobil kopi, membuat susasana di pantai ini begitu hidup.

Tak heran kalau para pedagang di tempat ini bisa meraup rupiah yang cukup lumayan.

Miko Munthe, yang juga dikenal dengan nama Jeget, seorang pemilik mobil kopi yang berjualan di tempat ini, menceritakan kalau di hari-hari tertentu, dirinya bisa meraup rupiah sampai di angka jutaan.

Komentar

Loading...