Nova Iriansyah: Semua Gampong di Aceh Sudah dialiri Listrik

Nova Iriansyah: Semua Gampong di Aceh Sudah dialiri Listrik
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan ketersediaan energi sebagai prasyarat penting bagi tumbuhnya investasi di Aceh.
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com -  Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan ketersediaan energi sebagai prasyarat penting bagi tumbuhnya investasi di Aceh. Menurtnya, pemerintah Aceh mengharapkan dukungan penuh masyarakat dalam mendukung seluruh kegiatan pembangunan sumber energi yang saat ini tengah gencar dilakukan.

Hal itu ditegaskan Plt Gubernur, saat menghadiri acara syukuran tercapainya 100 persen rasio elektrifikasi listrik desa, yang berlangsung di Kantor PLN Induk Wilayah Aceh, pada Kamis 23 Januari 2020.

“Langkah yang kita lakukan, antara lain, mengajak investor untuk berinvestasi mengembangkan berbagai sumber energi listrik di daerah ini. Beberapa sumber energi sedang kita bangun, dan hal ini butuh dukungan dan partisipasi penuh dari  masyarakat,” harap Nova.

Pemerintah Aceh bersama pihak PLN, terus kordinasi dan kerjasama, untuk memastikan pembangunan sumber energi listrik baru, dan terbarukan. Hal ini dilakukan, guna memastikan pasokan energi tidak menjadi kendala dan hambatan bagi tumbuh kembangnya investasi skala besar.

Menurut Nova, sampai pertengahan tahun lalu, tingkat elektrifikasi desa di Aceh mencapai 99,8 persen. Dari 6.497 desa yang ada di Aceh, tersisa 11 desa yang belum tersentuh aliran listrik. Desa-desa itu umumnya terdapat di kawasan pelosok dengan medan yang cukup rumit. Sebagian desa itu terdapat di Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulue.

Dengan kerjasama dan kordinasi antara Pemerintah Aceh, dan PT PLN (persero) Induk Wilayah, saat ini rasio elektrifikasi listrik di provinsi ini sudah 100 persen, ini bermakna, sudah tidak ada lagi gampong atau desa yang tidak memiliki jaringan listrik.

“Bahwa masih ada kelemahan di sana sini, kami kira itu hal yang wajar sebab tingkat pertumbuhan konsumsi listrik di daerah ini cukup tinggi, mencapai 7,49 persen,” jelasnya.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat meresmikan 100 persen rasio elektrifikasi listrik desa, dikantor PLN Aceh. 

Selain itu, pemerintah Aceh dalam RPJM Aceh hingga 2022 telah menargetkan penyaluran listrik terhadap 20 ribu rumah tangga, yang sama sekali belum memiliki pasokan energi.

Nova menjelaskan, target penyaluran listrik terhadap 20 ribu rumah tangga di seluruh provinsi Aceh merupakan pekerjaan besar yang harus dituntaskan pihaknya.

“ Tugas dan tantangan pemerintah Aceh kedepan, adalah memastikan bahwa sebanyak 20 ribu RT di provinsi ini, yang belum memiliki sambungan listrik, akan segera menikmati penerangan,” sambungnya.

“Ini target Pemerintah Aceh, dan kita optimis hal tersebut dapat dicapai,” katanya.[]

Komentar

Loading...