Pemerintah Aceh Anggarkan 118 Miliar Untuk Cegah Covid-19

Ketua Komisi V Desak Plt. Gubernur Bahas Bersama DPRA

Pemerintah Aceh Anggarkan 118 Miliar Untuk Cegah Covid-19
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. - Humas BPBA
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com – Juru bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdul Gani (SAG) menyatakan pemerintah Aceh akan mengangarkan 118 Miliar untuk cegah wabah korona di Aceh. Sayangnya, Saifullah belum merincikan anggaran tersebut akan di pakai untuk apa saja. 

“Kita ada anggarkan sekitar Rp 118 miliar Belanja Tak Terduga dalam APBA 2020, dan untuk sementara cukup memadai untuk kesiap-siagaan,” kata SAG.

Sebelumnya, pada Senin, 23 Maret 2020 diberitakan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 asal Lhokseumawe meningal dunia Rumah Sakit Zainal Abidin (RSUZA), namun sejauh ini belum diketahui pasien tersebut positif atau negative Covid-19.  

Saat ini jumlah orang dalam pengawasan (ODP) di Aceh sudah mencapai 187 orang, sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 5 orang. Untuk pasien yang diperiksa dalam LAB Covid-19 sudah mencapai 27 orang.

Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) M Rizal Falevi Kirani, menyatakan pihaknya belum mengetahui terkait rencana aggangaran pemerintah Aceh dalam upaya pencegahan Covid-19 tersebut.

“Sampai sejauh ini kami belum mengetahui, karena tidak ada pemberitahuan kepada kami, bahwa akan di anggarkan, dan kami sangat berharap pemerintah Aceh bergerak cepat terkait hal itu. Sejauh ini kami belum diberitahukan, berapa yang akan di anggarkan dan bagaimana mekanismenya, ” katanya.

Selain itu, ketua Komisi V DPR Aceh tersebut juga mendesak Plt Gubernur Aceh untuk segera membahas rencana angaran tersebut dengan DFPR Aceh agar mendapat solusi terbaik dan sedetail mungkin.

“Kami minta kepada Plt Gubernur Aceh, untuk sesegera mungkin membahas bersama-sama dengan DPR Aceh mencari solusi terbaik sedetail mungkin terkait pecegahan Covid-19 di Aceh. Kita kita tinggalkan dulu persoalan politik. Saat ini kita bicara kemanusiaan,” tegasnya.[]

#janganmudik

Komentar

Loading...