Pimpin Demokrat, AHY Bakal Jadi Icon Pemimpin Muda

Ini 10 Program Unggulannya

Pimpin Demokrat, AHY Bakal Jadi Icon Pemimpin Muda
Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
A A A

"Saat ini, mayoritas partai-partai politik tidak berani melakukan regenerasi kepemimpinan partai dengan lebih mempertahankan status quo, yang ditandai oleh bertahannya nama-nama lama di pucuk pimpinan partai," katanya.

Jakarta, acehtoday.com - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025 secara aklamasi dalam Kongres V di Jakarta Convention Center, Senayan, Minggu (15/3/2020).

Dosen Ilmu Politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam mengatakan, keberanian Partai Demokrat untuk berinovasi melakukan tranformasi kepemimpinan partai akan menjadi trend-setter dalam tradisi kepemimpinan partai politik di Indonesia. Menurutnya, saat ini adalah momentum bagi pemimpin muda untuk berlaga.

"Saat ini, mayoritas partai-partai politik tidak berani melakukan regenerasi kepemimpinan partai dengan lebih mempertahankan status quo, yang ditandai oleh bertahannya nama-nama lama di pucuk pimpinan partai," katanya.

Misalnya, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih sebagai Ketum PDIP, Muhaimin Iskadandar yang kembali menjadi nakhoda PKB.

Begitu juga dengan Surya Paloh yang juga kembali menempati posisi Ketum Nasdem, Airlangga Hartarto Ketum Partai Golkar, hingga nama Prabowo Subianto diprediksi akan tetap memimpin Partai Gerindra lima tahun ke depan.

"Sebagian dari nama-nama besar itu sebenarnya sudah punya alternatif pengganti, namun tetap saja belum memiliki keberanian untuk melakukan regenerasi," tuturnya.

Dikatakan Umum, kecenderungan mengakarnya status quo di partai-partai politik di Indonesia itu disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, besarnya dominasi patron client di internal partai.

Memang tidak ada yang keliru dengan fenomena patron client. Sebab, dalam lembaga partai tradisional hingga modern sekalipun, pola relasi patron client selalu hadir karena faktor histori kepemimpinan, kontribusi sumber daya dan logistik, wibawa dan kharisma pemimpin, trah atau keturunan, hingga tingginya kapasitas ilmu keagamaan dan legitimasi adat yang menjadi basis terciptanya kepercayaan publik terhadap figur pemimpin.

"Karena tidak ada alternatif kekuatan yang bisa mengimbangi, maka status quo tetap terjaga," katanya.

Ini 10 Program Unggulannya

Saat menyampaikan pidato pada Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, pada Minggu 15 Maret 2020, Agus Harimurti Yudhoyono jugab memaparkan 10 program unggulan yang akan dilaksanakan pada periode kepemimpinannya selama 5 tahun ke depan.

 1. Mencetak sumber daya manusia yang unggul dan militant, program tersebut akan dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui  pendidikan dan pelatihan secara profesional, kemudian penguatan mental karakter agar kuat dan militan.

2. Memperkuat kepemimpinan manajemen yang efektif agar pemimpin-pemimpin, termasuk yang ada di tingkat pusat, daerah, cabang, dan seterusnya dapat solid dan mengayomi semuanya.

3. Modernisasi Partai Demokrat menuju smart party seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terkini sehingga mampu menganalisis perkembangan politik secara lebih aktual dan objektif.

4. Memperkuat komunikasi politik yang efektif bagi setiap lini karena salah satu strategi besar dalam partai politik adalah bagaimana membangun narasi dan komunikasi yang benar-benar berpihak pada kepentingan perjuangan.

5. Meningkatkan program-program pengabdian masyarakat.

6. Membina dan memperluas jaringan konstituen,

7. Memenangkan suara generasi muda (bonus demografi)

8. Menyukseskan pemilihan kepala daerah 2020 dan 2024,

9. Menyukseskan Pemilu 2024,

10. Menyukseskan Pemilu Presiden/Wakil Presiden 2024.

Untuk kesuksesan menghadapi Pemilu 2024, AHY mengingatkan pentingnya segera mencari kader-kader terbaik sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari sekarang.

"Yang terakhir, menyukseskan Pemilu Presiden 2024. Ini juga menjadi amanah buat kami semuanya apakah kami bisa kemudian mempersiapkan kader-kader terbaik kami untuk bisa ikut dalam kontestasi pada tahun 2024," katanya.[dbs]

Komentar

Loading...