Prabowo Belanjakan Rp 15,57 triliun untuk beli 11 Sukhoi Su-35, Begini Kecanggihan

Prabowo Belanjakan Rp 15,57 triliun untuk beli 11 Sukhoi Su-35, Begini Kecanggihan
Foto: Sukhoi Su-35 (REUTERS / Sergei Karpukhin / File Foto)
A A A

 Jakarta, acehtoday.com - Dalam kunjungan kenegaraan ke Rusia, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo dikabarkan berencana membeli pesawat tempur jenis Sukhoi Su-35. Pesawat tempur buatan Rusia itu merupakan salah satu pesawat tempur terbaik yang pernah dibuat.

Sekadar gambaran, pada Selasa (28/1/2020) waktu setempat, Prabowo bertemu dengan Menhan Rusia Sergey Shoygu di Moskow, Rusia. Dalam pertemuan tersebut, keduanya tidak hanya membahas tentang kerja sama bilateral antara dua negara, namun juga ada pembahasan terkait rencana pembelian Sukhoi.

Rencananya Prabowo akan membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 senilai US$ 1,14 miliar (Rp 15,57 triliun dengan asumsi kurs Rp 13,658.26). Demikian diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi seperti dilaporkan cnnindonesia.com, Rabu (29/1/2020).

Kendati demikian, Ia enggan menjelaskan secara detail kapan kesepakatan pembelian Sukhoi itu akan disepakati kedua negara. Pun waktu pengirimannya ke Tanah Air. Namun yang pasti pesawat tempur dengan harga selangit itu merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Melansir situs Military-Today, jenis Sukhoi Su-35 termasuk dalam sepuluh pesawat tempur terbaik dunia. Pesawat tempur dengan panjang sayap 15,3 meter ini merupakan pesawat tempur multifungsi yang dapat menjelajah langit dengan kecepatan melebihi kecepatan suara atau supersonic.

Dalam keterangan situs tersebut, Sukhoi Su-35 mampu terbang dengan kecepatan maksimum hingga 2.390 km/jam. Sebagai pesawat tempur, Sukhoi Su-35 juga dilengkapi dengan berbagai armor.

Sukhoi Su-35 memiliki kanon dengan dimensi 1 x 30 mm dengan 150 amunisi. Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis misil seperti R-27ER, E-27ET, R-73, Kh-29T, Kh-31P, Kh-59M, Kh-35U. Dan terakhir, pesawat ini juga dapat mengangkut berbagai jenis bom jatuh bebas.

Sukhoi jenis ini merupakan pengembangan terbaru dari versi sebelumnya yaitu Su-27. Konon kabarnya pada 2017, militer Rusia mengoperasikan sebanyak 68 unit pesawat tempur ini.

Tak hanya digunakan untuk kepentingan militer sendiri, Sukhoi Su-35 juga diekspor ke China. Pada 2015, China menjadi pelanggan pertama Sukhoi Su-35 setelah diproduksi dengan jumlah banyak pada 2008. Saat itu China memesan sebanyak 24 unit pesawat tempur jenis ini.

Kalau soal kecanggihan dan kemampuan, pesawat ini dapat disandingkan dengan pesawat tempur generasi ke-4 yang diantaranya terdiri dari Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale F-15C atau F/A -18E Super Hornet.

Berikut ini adalah daftar 10 pesawat tempur terbaik versi situs penyedia informasi persenjataan militer Military-Today.[]

Sumber:CNBC
#janganmudik

Komentar

Loading...