Ratusan Rider Jajal "Kelok-13" Kuta Malaka di Ulang Tahun Paxco Aceh

Ratusan Rider Jajal "Kelok-13" Kuta Malaka di Ulang Tahun Paxco Acehileuhop (Aceh Trail Adventure Club)
A A A

Aceh Besar, acehtoday.com - Ratusan rider mengikuti ajang trail Fullday Adventure dalam rangka ulang tahun komunitas trail Paxco Aceh ke-13 yang digelar di jalur Kuta Malaka, Samahani, Aceh Besar, Sabtu 13 Maret 2021.

Puluhan komunitas trail di Aceh ambil bagian menjajal track ekstrem dengan suguhan panorama alam Kuta Malaka di ajang bergengsi ini. Bahkan, komunitas motor trail dari Sumatra Utara juga turut serta memeriahkan.

Bendera start dilepas Dewan Penasehat Pexco Aceh Bapak Raden Purwadi turut didampingi Forom Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkompinda) Aceh Besar.

Ketua Paxco Aceh Teuku Taufik mengatakan, tak kurang dari 350 rider ikut menjelajahi bukit di Kuta Malaka dalam rangka ulang tahun Paxco Aceh tersebut.

"Event ini murni ajang silaturrahmi sesama rider dari seluruh Aceh. Sekalian juga, sebagai bentuk rasa syukur atas usia yang ke-13, ada sedikit kegiatan sosial menyantuni anak yatim sekitaran desa tempat acara yang dilakukan kawan-kawan Paxco. Dana tersebut bersumber juga dari kawan-kawan peserta," kata Teuku Taufik.

Taufik menuturkan, sebanyak 350 rider itu memulai petualangannya dari titik start di Gampong Lam Ara Teunong, lalu masuk ke kawasan perbukitan Kuta Malaka dan finish kembali di titik semula.

Total jarak tempuh mencapai 60 kilometer dimana terdapat tiga kali check point. Adrenalin rider dipacu dengan sensi kontur bukit berbatu, 'tanjakan dua saudara' dan juga melewati jalur extrem yang kerap dinamai 'kelok 13 Paxco'.

"Tapi yang tak kalah menarik juga, saat para rider melewati sejumlah objek wisata favorit Aceh Besar, diantaranya air terjun Mon Ceunong. Itu luar biasa," ujarnya.

Untuk memeriahkan event Fullday Adventure Paxco Aceh ke-13, sebut Taufik, panitia membagikan aneka hadiah di penghujung acara diantaranya; sepeda motor, sepeda gunung, dan hadiah menarik lainnya.

Di kegiatan ini panitia tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Tiap pengunjung yang datang ke lokasi acara, panitia membagikan masker. Di lokasi juga disediakan wastefel untuk mencuci tangan.

Sementara itu, Dewan Pembina Paxco Aceh Yusmal Diansyah berharap olahraga trail adventure tak hanya sebatas hobi belaka, melainkan para rider harus punya jiwa solidaritas dan sikap relawan.

"Inilah semangat Paxco Aceh sejak awal berdiri tahun 2003 lalu. Selain dari pada olahraga, juga ada tujuan-tujuan sosial, tujuan pemberdayaan masyarakat, dan siap membantu menjadi relawan jika sewaktu-waktu daerah Aceh tertimpa bencana," ujarnya.

Dia menyebut, event ini rencananya akan menjadi event tahunan Paxco. Di samping ingin terus menjaga ikatan tali persaudaraan sesama rider trail adventure di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya, Paxco juga punya misi melalui event tahun itu untuk mempromosikan pariwisata Aceh.[]

Komentar

Loading...