Raup Keuntungan Rp13 T, Barcelona Jadi Klub Terkaya Dunia

Raup Keuntungan Rp13 T, Barcelona Jadi Klub Terkaya Dunia
Barcelona (REUTERS/Jon Nazca)
A A A

Jakarta, acehtoday.com - Klub sepakbola asal Spanyol, Barcelona, sedang mengalami masa turbulensi. Blaugrana baru saja memecat pelatih kepala Ernesto Valverde setelah kalah dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol yang digelar di Arab Saudi.



"FC Barcelona dan Ernesto Valverde mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak. Klub menyampaikan rasa terima kasih atas profesionalitas, komitmen, dan dedikasi Ernesto Valverde. Kami mendoakan kesuksesan Valverde pada masa mendatang," demikian sebut keterangan tertulis Barcelona di situs resmi.

Valverde datang ke Barcelona menggantikan Luis Enrique pada 2017 setelah empat musim menukangi Athletic Bilbao (Spanyol). Dalam 163 pertandingan, Valverde mempersembahkan 108 kemenangan (66,25%), 35 seri (21,47%), dan 20 kekalahan )12,26%). Barcelona di tangan Valverde mampu merengkuh empat gelar yaitu dua titel La Liga, Piala Raja Spanyol, dan Piala Super Spanyol.

Posisi Valverde akan diisi oleh Quique Sentien. Sebelumnya, Sentien pernah melatih Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan terakhir di Real Betis.



"Sepanjang kariernya, Sentien menerapkan sepakbola berbasis penguasaan bola dan menyerang. Ini akan sangat menghibur para penggemar," tulis keterangan resmi Barcelona.


Pergantian pelatih di tengah musim tentu memunculkan pernyataan, mau jadi apa Barcelona ke depan? Apakah Barcelona mampu mempertahankan gelar La Liga? Apakah Barcelona bisa kembali menjuarai Liga Champions Eropa?

Di La Liga, Barcelona masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 40 poin. Namun posisi Barcelona sama sekali tidak aman karena Real Madrid, sang seteru abadi sampai malaikat Izrail meniupkan sangkakala, berada di peringkat kedua dengan poin yang sama. Hanya selisih gol yang memisahkan mereka.



Atletico di peringkat ketiga juga siap menyalip kapan saja, karena hanya berjarak lima poin. Jadi posisi Barcelona sangat tidak aman.


Di Liga Champions Eropa, Barcelona sudah lolos dari fase grup dan akan menghadapi Napoli (Italia) di babak 16 besar. Perjalanan Barcelona untuk menjadi yang terbaik di Benua Biru masih sangat panjang karena ada tim-tim besar lain yang harus dikalahkan.

Apakah Sentien bisa menaklukkan tantangan berat tersebut? Hanya waktu yang bisa menjawabnya, tetapi kalau melihat jejak rekam kepelatihan Sentien, sepertinya kok meragukan ya.

Lionel Messi, Penyerang Barcelona (REUTERS/Albert Gea)

Barcelona Terkaya di Dunia

Namun di tengah masa transisi ini, Lionel Messi dan kolega mendapat kabar baik. Dalam laporan Football Money League 2020, firma keuangan Deloitte menobatkan Barcelona sebagai klub terkaya dunia.



Pada musim 2018/2019, Barcelona mencatatkan pendapatan EUR 840,8 juta (Rp 12,81 triliun dengan kurs saat ini). Real Madrid berada di peringkat kedua dengan pendapatan EUR 757,3 juta (Rp 11,54 triliun).


 


Berikut adalah daftar 10 klub dengan pendapatan terbesar:

1.       Barcelona

2.       Real Madrid

3.       Manchester United

4.       Bayern Muenchen

5.       Paris St Germain

6.       Manchester City

7.       Liverpool

8.       Tottenham Hotspur

9.       Chelsea

"Untuk kali pertama, Barcelona menduduki peringkat teratas dan menjadi klub pertama yang membukukan pendapatan di atas EUR 800 juta. Klub Spanyol di posisi satu dan dua terjadi pada dua musim terakhir, tetapi musim lalu Real Madrid yang berada di puncak," sebut laporan Deloitte.



Faktor pendorong pendapatan Barcelona, menurut Deloitte, adalah di sisi komersial. Di klub sepakbola, biasanya pendapatan dibagi dalam tiga kelompok besar yaitu hak siar televisi, komersial, dan pertandingan di stadion (matchday).



Pada musim lalu, Delotte mencatat pendapatan komersial Barcelona adalah yang tertinggi di dunia yaitu mencapai EUR 383,5 juta (Rp 5,84 triliun). Paris St Germain (Prancis) berada di posisi kedua dengan EUR 363,4 juta (Rp 5,54 triliun), dan Bayern Muenchen (Jerman) di peringkat ketiga dengan EUR 356,5 juta (Rp 5,43 triliun).


Ke depan, Barcelona berambisi untuk menjadi klub pertama yang bisa membukukan pendapatan EUR 1 miliar (Rp 15,23 trilun). Deloitee menilai jalan ke arah sana cukup terbuka.


"Kunci untuk mencapai target tersebut adalah mengubah model operasional klub. Dengan modal brand yang kuat, klub akan mampu menaikkan posisi tawar mereka dalam hal penjualan merchandise dan lisensi, tanpa mengandalkan pihak ketiga," tulis laporan Deloitte.[]

Sumber:CNBC
acehtiket1

Komentar

Loading...