SAKIP Award 2019, Aceh Raih Nilai 63,78

SAKIP Award 2019, Aceh Raih Nilai 63,78
Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2019., Senin (10/2/2020).
A A A

Batam, acehtoday.com – Dengan  perolehan nilai 63,78, pemerintah Aceh mendapat predikat B, pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2019.

Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Tjahjo Kumolo, kepada Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Radisson Golf and Convention Center, Senin 10 Februari 2020.

Acara pemberian award juga dirangkai dengan Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I, yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat.

Tujuan evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.

Berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan-RB, Pemerintah Aceh mendapat nilai 63,78 atau predikat B. Penilaian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya sudah cukup memadai, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah Aceh menunjukkan hasil yang baik.

Meski demikian, Tjahyo mengingatkan, bahwa masih terdapat beberapa hal yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.

”Meski dinilai baik, namun masih ada koreksi dari Kemenpan RB. Ini artinya kinerja Pemerintah Aceh telah sesuai jalur, namun langkah perbaikan masih harus terus kita lakukan. Untuk itu, seluruh aparatur harus terus memperbaiki kinerja. Dan, tentu saja kami membutuhkan dukungan dari masyarakat Aceh. Masukan, kritik dan saran yang membangun tentu sangat kita harapkan untuk kerja-kerja pelayanan yang lebih prima di masa mendatang,” ujar Nova.[]

#janganmudik

Komentar

Loading...