Sempat Berhenti Produksi, 15 Januari PT PIM Kembali Operasi

Sempat Berhenti Produksi, 15 Januari PT PIM Kembali Operasi
PT. PIM Lhokseumawe
A A A

Lhokseumawe, acehtoday.com – Akibat mengalami kendala pasokan gas yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat pupuk, PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) sempat berhenti beroperasi sejak dua bulan yang lalu. Namun pada 15 Januari 2020 mendatang perusahaan plat merah tersebut siap beroperasi kembali.

Akibatkan pasokan gas dari perusahaan Medco, menurut Direktur Utama PT PIM Husni Achmad Zaki, perusahaan itu telah berhenti operasi sejak November 2019 lalu.

“Selama ini memang kita membeli gas dari PT Medco, namun karena ada kendala teknis maka pada Nopember 2019 perusahaan berhenti operasi. Namun sudah kita siapkan opsi LNG yang telah dibeli sejak dua bulan lalu, namun belum tiba,” ujar Husni Achmad Zaki beberapa hari yang lalu.

Husni menambahkan, terhitung sejak bulan Desember 2019, PT Pupuk Iskandar Muda memang sengaja tidak beroperasi karena tugas untuk memproduksi pupuk bersubsidi sudah terpenuhi.

Pihaknya telah merencanakan bahwa, pada tanggal 15 Januari 2020 mendatang perusahaan pelat merah tersebut akan beroperasi kembali. Namun saat sekarang ini stok pupuk non bersubsidi juga masih tersedia.

“Kalau memang tidak ada kendala, maka pada tanggal 15 Januari 2020 perusahaan akan beroperasi kembali.” Katanya.  

Untuk pasokannya sedang dibahas perjanjian jual beli gas dari PTGN yang sumbernya gas Blok A, Aceh Timur.

Menurutnya, terhitung sepanjang tahun 2019 PT Pupuk Iskandar Muda telah memproduksi pupuk urea sebanyak 337.863 ton urea dan amnoia sebanyak 216.112 ton. Dari jumlah itu untuk pupuk bersubsidi sebanyak 265.465 ton tersebar untuk Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi.

“Saat sekarang ini PT PIM hanya mengoperasi satu pabrik saja dari jumlah dua pabrik yang dimiliki. Produksi pupuk bersubsidi untuk Aceh sebanyak 55.900 ton tahun 2019. Berkurang dari tahun 2018 sebanyak 80.687 ton,” kata Husni. []

Komentar

Loading...