Unsyiah: 1/3 Populasi Aceh Akan Terinfeksi Covid-19 dalam 22 Hari

Unsyiah: 1/3 Populasi Aceh Akan Terinfeksi Covid-19 dalam 22 HariFB Hasan Basri
Warga menutup jalan di Banda Aceh
A A A

Banda Aceh, acehtoday.com  -  Jika tidak ada intervensi apapun untuk mengurangi laju penyebaran (sesuai protokol WHO), maka sepertiga populasi Aceh akan terinfeksi dalam waktu 22 hari sejak kasus positif pertama terkonfirmasi.

Sementara penduduk Aceh pada 2020 sekitar  5,3 juta jiwa. Demikian juga, gagasan Lockdown hanya akan efektif jika diterapkan bersamaan dengan penurunan laju penyebaran dalam satu wilayah, melalui pengurangan interaksi dan peningkatan kepatuhan

Demikian laporan Prediksi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Di Provinsi Aceh Berdasarkan Model Matematika SIR yang diteliti oleh Marwan Ramli,  Harish A Mardi, Samsul Rizal dan Teuku M Iqbalsyah dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsyiah dan Satgas COVID-19 Unsyiah yang dirilis pada akhir Maret 2020.

Laporan itu merekomendasikan  pengurangan interaksi dan peningkatan kepatuhan melalui berdiam di rumah dan social/physical distancing akan mengurangi laju penyebaran secara signifikan. 

Penerapan berdiam di rumah dan  menjaga jarak hanya akan efektif jika pelacakan dan isolasi ketat terhadap orang-orang yang pernah berhubungan dengan penderita positif COVID-19 dilakukan.

Survei ini dilakukan olleh TDMRC Unsyiah untuk mengukur pemahaman dan kepatuhan masyarakat Aceh tentang wabah COVID-19 sejak 23-24 Maret 2020.[]

Komentar

Loading...