Virus Baru Muncul di China

Virus Baru Muncul di ChinaReuters
Partikel virus dari hantavirus
A A A

Beijing, acehtoday.com - Seorang penumpang meninggal di bus di China dites positif terinfeksi virus yang sama sekali berbeda dari corona COVID-19.

Nama virus yang baru muncul di China ini adalah hantavirus. Media pemerintah China, Global Times, melaporkan korban meninggal oleh hantavirus mengalami gejala yang mirip dengan orang yang terpapar COVID-19.

Korban tak dikenal asal provinsi Yunnan meninggal ketika di dalam bus carteran menuju tempat kerjanya di Provinsi Shandong.

“Dia dites positif untuk hantavirus. 32 orang lainnya di dalam bus dites," tulis Global Times dalam laporannya hari Senin lalu tanpa memberikan rincian lebih lanjut Selasa (24/3/2020).

Virus baru ini muncul ketika China bersiap mencabut lockdown di beberapa kota terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

Hantavirus telah memicu kepanikan di antara banyak orang di media sosial yang ramai-ramai menuliskan tanda pagar #hantavirus. Namun, para ahli dengan cepat menunjukkan bahwa itu bukan virus baru, dan tidak berpotensi ditularkan di antara manusia.

“#Hantavirus pertama kali muncul pada 1950-an dalam perang Amerika-Korea di Korea (sungai Hantan). Ini menyebar dari tikus-tikus jika manusia menelan cairan tubuh mereka. Penularan manusia ke manusia jarang terjadi," tulis ilmuwan Swedia Dr Sumaiya Shaikh di Twitter, seperti dikutip New York Post, Selasa (24/3/2020) malam.[]

#janganmudik

Komentar

Loading...